Setiap pasangan yang sudah menikah tentunya menginginkan kehadiran buah hati sebagai pelengkap kehidupannya, kehadiran buah hati selain akan melengkapi kehidupan rumah tangga juga akan mempererat ikatan pernikahan. Namun tidak semua orang dapat memiliki buah hati dengan mudah, karena terkadang ada saja beberapa pasangan yang sulit hamil.

Penyebab sulit hamil sendiri biasanya ada beberapa hal seperti penyakit, gangguan reproduksi, gangguan hormonal, bahkan pemakaian KB pun bisa menjadi penyebabnya.

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan berkonsultasi kepada dokter spesialis, jangan sungkan menceritakan masalah Anda, biasanya dokter akan memberikan saran dan solusi sesuai dengan keluhan dan masalah yang dialami, misalkan penyebabnya adalah pemakaian KB maka dokter akan memberi Tips cepat hamil setelah KB.

Makanan Bagus Dikonsumsi

Selain itu ada beberapa makanan dan minuman yang bagus dikonsumsi dan harus dihindari agar kesuburan pasangan suami istri bisa tetap terjaga, beberapa makanan yang bagus untuk di konsumsi tersebut antara lain :

  1. Kerang-kerangan

Kerang Kerangan

Kerang termasuk makanan yang disarankan untuk di konsumsi bagi pasangan ingin cepat hamil, di dalamnya mengandung vitamin B12 yang berfungsi untuk memperkuat lapisan endometrium di pembuahan sel telur selain itu kerang juga berfungsi untuk mengurangi risiko keguguran. Untuk prianya sendiri kerang berfungsi untuk melindungi sperma dari radikal bebas.

  1. Kacang-kacangan

Fungsi kacang sebenarnya bukan untuk meningkatkan kesuburan, tapi untuk menurunkan resiko tidak subur pada wanita. Wanita yang mengonsumsi kacang dapat menurunkan resiko tidak subur hingga 40 persen.

  1. Susu

Susu dan produk olahan lainnya seperti yoghurt merupakan minuman yang bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan, didalamnya mengandung berbagai macam vitamin, lemak sehat dan kalsium yang penting untuk kehamilan.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung zat besi dan asam folat yang sangat bagus untuk wanita yang menginginkan kehamilan, bahkan Dr.Neha menjelaskan pentingnya sayuran hijau dikonsumsi bagi yang ingin hamil.

  1. Kubis

Makanan yang disarakan Cara agar Cepat Hamil selanjutnya adalah kubis, kubis merupakan salah satu makananĀ  yang dianjurkan oleh dokter untuk dikonsumsi, kubis dapat membantu masalah ketidaksuburan, hal ini dikarenakan zat-zat yang terkandung didalamnya mampu membantu metabolisme estrogen.

Selain beberapa makanan yang bagus untuk dikonsumsi ada beberapa makanan dan minuman lainnya yang harus Anda hindari diantaranya adalah :

Makanan Dihindari

  1. Soda

Soda sebaiknya dihindari bagi wanita yang menginginkan kehamilan, didalam soda mengandung gula yang cukup tinggi, didalam soda terdapat berbagai macam bahan kimia dan bahan sintetik yang dapat memicu racun dalam tubuh. Racun ini dikhawatirkan akan menghambat kesuburan pasangan suami istri.

  1. Alkohol

Kita tentu tahu, mengonsumsi alkohol akan mempengaruhi fungsi kerja hati, padahal hati sendiri merupakan organ tubuh yang memiliki kaitan dengan hormon seks entah itu pada pria ataupun wanita. Selain mengganngu fungsi hormon estrogen dan testosteron, alkohol juga memiliki perngaruh pada proses ovulasi, dimana akan menyebabkan proses ovulasi tidak teratur, pada pria sendiri alkohol dapat merusak kualitas sperma.

  1. Kafein

Terlalu banyak mengonsumsi kafein akan mengakibatkan menyempitnya pembuluh darah, hal ini bisa mengakibatkan terhambatnya aliran darah menuju rahim, jika ini terjadi maka sel telur tidak akan bertahan lama.

  1. Fast Food

Fast Food atau karbohidrat olahan sebaiknya dihindari bagi pasangan ingin punya anak, karena kandungan gizi didalamnya sangat sedikit, sehingga tidak akan memenuhi kebutuhan, selain itu pelepasan gula ke dalam aliran dari dari fast food ini biasanya terlalu cepat, hal ini akan menyebabkan produksi hormon testosteron pada perempuan akan meningkat, akibatnya akan terjadi ketidakseimbangan hormon.

  1. Makanan laut

Sebenarnya tidak semua makanan laut harus dihindari, tapi hanya makan laut yang mengandung merkuri, apalagi jika kadarnya cukup tinggi. Merkuri memang kurang baik untuk tubuh, selain itu zat ini bisa mengendap selama bertahun-tahun, efeknya untuk kehamilan adalah gangguan pada sistem saraf dan otak janin.

Categories: Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Kesehatan

7 Kegiatan Yang Dapat Mempercepat Proses Penyembuhan Penyakit Raja Singa

Didiagnosa menderita penyakit Raja Singa tentu membuat anda sedih bahkan down. Namun, jangan sampai hal ini berlangsung lama hingga mematahkan semangat anda untuk bisa sembuh. Selain melakukan pengobatan dengan teratur dan disiplin, cobalah untuk menerapkan Read more…

Keluarga

Bayi 4 Bulan Secara Umum Sudah Memiliki 3 Kemampuan

Melihat tumbuh kembang bayi yang menggemaskan seakan ingin terus seperti itu, mungkin disebabkan karena tingkah lucunya atau juga karena kelembutan dan kehangatan kulitnya. Namun tidak bisa dipungkiri, bayi anda semakin hari semakin memperlihatkan perkembangannya sesuai Read more…

Bisnis

5 Keuntungan Jual Susu Formula dengan Sistem Franchise

Pernahkah Anda mendengar istilah sistem franchise dalam bisnis? Sistem franchise adalah atau waralaba merupakan sistem pendistribusian produk kepada konsumen akhir dengan franchisor yang memberikan wewenang kepada franchisee yang membeli merek atau sistemnya. jual susu formula Read more…