Memiliki rumah baru siapa yang tidak ingin? Tentu semua menginginkan rumah baru, apalagi bagi pasangan suami istri yang baru saja menikah. Memiliki rumah baru menjadi prioritas baru bagi mereka. Namun seperti yang anda tahu bahwa memiliki rumah baru tidak semudah kelihatannya. Melainkan harus ada beberapa pertimbangan bagi pasangan suami istri sebelum membeli rumah baru mereka. Anda harus berdiskusi terlebih dahulu tentang seperti apa rumah yang mereka impikan. Hal ini dikarenakan rumah menjadi aset jangka panjang sehingga anda perlu memikirkannya lebih matang demi kenyamanan anda saat sudah menghuni rumah baru anda. Berbagai perencanaan dan dana yang dibutuhkan serta hal-hal lainnya perlu anda perhatikan.

Berikut 8 tips yang harus anda ketahui sebelum membeli rumah baru:

  1. Tentukan Tipe Rumah

Ketika anda akan membeli rumah baru akan lebih baik jika hal pertama yang harus anda perhatikan adalah tentukan tipe rumah yang akan anda huni. Sebaiknya tipe rumah yang anda pilih sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan anda. Sesuaikan tipe rumah yang akan anda beli dengan kapasitas budget yang anda miliki. Kemudian sesuaikan pula dengan kebutuhan ruang yang akan anda butuhkan nantinya agar anda bisa langsung memakainya ketika membeli tanpa harus merenovasi rumah baru anda. Diskusikan kembali dengan pasangan anda agar sama-sama cocok memilih tipe rumah yang akan anda huni.

  1. Tentukan Model dan Design Rumah

Jika anda membeli rumah di perumahan memang hampir setiap rumah memiliki tipe, model dan design yang hampir sama. Namun anda juga bisa memesan terlebih dahulu model dan design rumah seperti apa yang anda inginkan. Dikarenakan rumah akan menjadi tempat tinggal anda dalam waktu jangka panjang maka akan lebih baik jika hunian tersebut memiliki model serta didesign sedemikian rupa agar bisa membuat anda nyaman. Anda tak perlu khawatir jika bingung memilih design. Di era yang sudah modern ini anda dapat browsing dan mencari referensi di internet tentang design rumah masa kini yang bagus dan elegan namun tetap simpel. Anda dapat menerapkannya untuk design interior dan exterior rumah yang akan anda beli. Kemudian akan lebih baik jika anda membuat halaman depan atau belakang untuk ruang bersantai dan bermain anak-anak.

  1. Tentukan Lokasi

Banyak pilihan rumah baru yang siap dihuni untuk tempat tinggal anda. Namun meskipun demikian, akan ada baiknya jika anda juga memperhatikan pemilihan lokasi yang akan dibangun untuk hunian baru anda. Pilihlah lokasi yang strategis atau dekat dengan kantor dan tempat sekolah anak anda agar lebih efisien. Namun lebih penting lagi adalah memilih lokasi yang tepat yang membuat anda bersama keluarga merasa nyaman. Pertimbangkanlah ha l tersebut untuk kenyamanan keluarga anda.

  1. Siapkan Dana

Pinjaman Dana Tanpa Jaminan

Hal yang tak kalah penting sebelum membeli rumah adalah siapkan dana yang cukup. Baik pembayaran tunai maupun cicilan, tentu sama saja anda harus menyiapkan dana yang cukup untuk bisa membeli rumah. Pastikan anda sudah memiliki tabungan yang cukup. Namun jika anda belum memiliki dana yang cukup untuk bisa membeli rumah, tak perlu khawatir. Anda bisa menggunakan sistem KPR atau cicilan. Namun anda perlu selektif dan teliti ketika memilih sistem KPR, pilihlah cicilan dengan bungan paling minimal. Usahakan ketika anda mengambil cicilan bisa disesuaikan dengan pendapatan anda agar anda tetap bisa membayar cicilan dan juga memenuhi kebutuhan keluarga. Selain menggunakan sistem KPR, anda juga bisa melakukan pinjam uang tanpa jaminan dan syarat yang tentu hal ini memudahkan anda untuk mendapatkan uang dengan cepat tanpa perlu syarat-syarat yang ribet. Pinjaman dana tanpa jaminan ini bisa anda dapatkan melalui online karena saat ini sudah terdapat jasa pinjaman tanpa harus menyerahkan jaminan maupun syarat-syarat tertentu. Dimana hal ini memudahkan anda dalam proses pencairan dana cepat untuk digunakan membeli rumah baru.

  1. Siapkan Properti Untuk Rumah Baru

Rumah baru tentu belum bisa menjadi hunian sempurna apabila tidak terdapat properti di dalamnya. Untuk itu, sembari memilih model rumah yang anda inginkan, jangan lupa juga untuk memilih properti apa saja yang anda butuhkan. Anda dapat mengunjungi pameran properti atau toko meubel yang menyediakan berbagai macam properti untuk memenuhi kebutuhan anda. Selain properti untuk memenuhi kebutuhan, anda juga menyiapkan properti lain untuk penghias rumah di ruangan-ruangan tertentu seperti misalnya lukisan, vas bunga, karpet, tirai, dan sebagainya. Hal yang perlu anda perhatikan ketika menyiapkan properti untuk rumah baru anda adalah sebaiknya pilih properti yang match dengan design interior rumah yang akan anda beli.

  1. Konsultasikan dengan Arstitektur

Ketika anda baru pertama membeli atau akan membangun rumah baru tentu masih minim pengalaman tentang apa saja yang harus dibutuhkan dan disiapkan untuk membangun rumah baru anda. Design yang sesuai dengan kebutuhan juga masih bingung akan seperti apa. Oleh karena itu, akan ada baiknya juga apabila sebelum membeli rumah anda melakukan konsultasi dengan arsitektur. Karena arsitektur akan membantu anda dalam memilih dan memberikan solusi design baik exterior maupun interior serta properti yang cocok untuk anda. Dengan demikian, anda tidak perlu pusing pusing memikirkan banyak hal untuk persiapan rumah baru anda. Hal tersebut dapat anda serahkan pada arsitektur anda untuk membantu membangun rumah anda yang bagus dan nyaman.

  1. Verifikasi Pengembang

Saat ini sudah ada beberapa pengembang yang menawarkan hunian dengan tipe dan model yang bermacam-macam. Di sini anda perlu memperhatikan dalam memilih pengembang untuk membangun hunian baru anda. Anda perlu memverifikasi dan membandingkan tiap tiap pengembang mana yang lebih baik dan menghasilkan bangunan yang lebih bagus. Hal itu penting untuk bekal hunian anda dalam jangka panjang. Pastikan pengembang yang anda pilih memiliki kredibel yang bagus dan memberikan hasil hunian yang berkualitas dan tentunya tidak mengecewakan. Selain itu anda juga perlu memastikan bahwa serah terima bangunan dapat dilakukan sesuai dengan waktu yang sudah diperjanjikan.

  1. Negosiasi & Tentukan Biaya yang Pasti

Ketika anda membeli sebuah rumah melalui developer, pastikan biaya-biaya yang ditentukan sudah jelas dan tidak ada lagi tambahan biaya yang harus dikeluarkan. Biaya-biaya seperti biaya kemanan dan kebersihan bulanan, biaya PDAM, biaya notaris, biaya pajak dan biaya biaya lainnya usahakan sudah termasuk ke dalam biaya yang sudah diperjanjikan di awal kontrak. Jangan sampai ada biaya tambahan yang tidak termasuk ke dalam biaya yang sudah diperjanjikan sebelumnya.

Itulah 8 tips yang harus anda ketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Perbanyaklah mencari informasi-informasi terkait hal-hal apa saja yang harus anda siapkan untuk membeli rumah baru. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk anda.

Categories: Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Bisnis

Inilah Beberapa Keuntungan Pinjam Dana Tunai di Tunaiku

Saat ini kebutuhan hidup terus bertambah setiap harinya. Bertambahnya kebutuhan sehari-hari tersebut tidak dibarengi dengan penghasilan yang memadai. Alhasil banyak orang yang mengeluhkan biaya hidup yang kian hari kian mencekik dompet. Karena kebutuhan harus dipenuhi Read more…

Bisnis

Jenis Usaha Up To Date Tahun 2017 Yang Recommended Bagi Semua Orang

Setiap orang yang melakukan usaha bisa disebut pengusaha. Sekecil apapun usaha itu, seseorang yang sudah berusaha perlu mendapat apresiasi. Terutama di zaman perekonomian yang telah memasuki era masyarakat ekonomi Asean (MEA) ini. Banyak kompetisi di Read more…