Salah satu hikmah qurban di hari raya Idul Adha adalah ketika kita dan keluarga besar bisa berkumpul. Tak ketinggalan, hidangan daging menjadi menu utamanya. Ya, hari raya Idul Adha juga dikenal sebagai hari raya qurban, sehingga usai melaksanakan shalah sunnah hari raya akan dilakukan penyembelihan hewan qurban. Untuk itu bersiaplah menikmati berbagai menu makanan olahan daging. Lezat dan nikmat sudah pasti, tapi bagaimana dengan daging yang dikenal dengan makanan yang tinggi kolestrol ini?

Benar, daging adalah salah satu makanan yang tinggi kolestrol. Meski begitu, tubuh kita juga membutuhkan gizi yang dimiliki daging tersebut. Sebenarnya tidak masalah jika kita mengonsumsi daging, terlebih saat hari raya qurban seperti ini. Hanya saja, kita harus memperhatikan pengolahan hingga porsinya. Simaklah ulasan berikut ini untuk mencegah ancaman darah tinggi dan kolestrol tinggi tanpa harus menghindari mengonsumsi daging.

Hikmah Kurban Indolinktous

Perhatikan penyimpanan dan cara pengolahannya

Sebelum menyimpan daging di lemari es, sebaiknya kita potong daging menjadi bagian – bagian kecil. Pisahkan antar bagian daging yang memiliki kandungan lemak tinggi. Saat memasaknya, usahakan untuk membuang air rebusan pertama. Sebab pada air rebusan pertama ini banyak mengandung lemak yang dihasilkan daging.

Perhatikan pola makan

Penerapan pola makan yang baik dan teratur tidak hanya berlaku pada hari biasa, pada saat Idul Adha pun kita harus tetap menjaga pola makan. Jangan karena kita seorang penyuka daging lalu bebas makan sepuasnya. Makanlah pada jam makan yang seharusnya. Selingi dengan mengonsumsi sayuran hijau dan buah – buahan agar tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap. Sebaiknya batasi porsi daging yang akan dimakan, dengan begitu resiko darah tinggi dan meningkatnya kolestrol bisa dihindari.

Banyak minum air putih

Selain untuk menghindari dehidrasi, air putih akan berperan menjadi penetralisir. Jadi usai mengonsumsi olahan daging, jangan lupa minum banyak air putih agar lemak yang ikut bersama daging bisa dinetralisir dengan baik dan tidak ada yang tertinggal pada dinding lambung.

Jalan kaki

Daging memiliki tekstur yang lebih kasar dibandingkan jenis makanan lainnya. Ini akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras. Untuk memudahkan dan melancarkan organ pencernaan, sebaiknya kita berjalan – jalan agar makanan bisa segera ‘turun’. Hindari berbaring setelah makan jika tidak ingin perut menggendut dan menimbulkan masalah baru di lain hari.

Selalu upayakan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi. Mulai dari sayur – sayuran, buah – buahan hingga daging baik untuk dikonsumsi.

Apalagi daging qurban, banyak kebaikan dan hikmah qurban yang akan kita dapatkan karena adanya Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban ini menjadi bentuk keteladanan kita terhadap Nabi Ibrahim As. Oleh karena itu, agar kita bisa merasakan nikmatnya daging qurban, jangan sampai kita merusaknya hanya karena menyimpan, mengolah dan mengonsumsinya dengan cara yang salah.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Uncategorized

Tujuan Wisata Kepulauan Mentawai

Selain Berselancar Kawasan Ini Juga Sebagai Tujuan Wisata. Lokasinya Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan UU RI No. 49 Tahun 1999 dan dinamai menurut Read more…