Keju merupakan makanan yang mempunyai aroma dan rasa yang lezat. Keju sangat tidak tahan kena panas, bila kepanasan maka akan meleleh sama seperti coklat. Keju bisa digunakan untuk memasak, dimakan langsung atau dibuat untuk kue. Keju  bisa menjadi pelengkap makanan yang menggugah selera. Anda bisa menyajikannya bersama sandwich, biskuit, irisan roti atau untuk topping minuman. Tentulah bisa menjadi andalan saat dalam  memperlezat makanan.

Keju

Sebelum membeli keju, ada baiknya mengetahui beberapa jenisnya terlebih dahulu. Sehingga, anda bisa menggunakannya dengan benar. Nah, berikut ini ulasan tentang jenis-jenis keju!

Cheddar

Keju Cheddar adalah keju keras / keras yang terbuat dari susu sapi yang dipasteurisasi. Dulu, keju ini hanya diproduksi di Inggris, tapi sekarang sudah diproduksi dan dikonsumsi di seluruh dunia. Cheddar memiliki tekstur yang rapuh dan halus. Seiring bertambahnya usia, teksturnya semakin tajam. Ini biasanya tersedia dalam bentuk tabung atau kotak dan warnanya berkisar dari putih ke kuning pucat. Beberapa keju Cheddar mungkin memiliki warna oranye kekuning-kuningan.

Mozzarella

Asal-usul Mozzarella dimulai di Italia. Sebelumnya, dibuat menggunakan susu kerbau yang dipelihara di Italia dan Bulgaria. Sebagian besar keju Mozzarella yang tersedia saat ini terbuat dari susu sapi. Mozzarella semilunak enak dikonsumsi segar proses pembuatannya yang dari susu sapi atau air kerbau yang dipasteurisasi atau tidak dipasteurisasi. Tidak sulit membuat mozzarella di rumah. Keju ini cukup serbaguna dan dapat digunakan untuk membuat resep salad, pizza, daging dan sayuran.

 

Emmental

Emmental merupakan jenis keju yang diproduksi oleh negara Swiss dari susu sapi yang tidak dipasteurisasi. Teksturnya sulit dan kulitnya yang tipis biasanya terbungkus kertas, yang nama pabriknya disebutkan di dalamnya. Emmental biasanya dipasangkan dan disajikan dengan anggur dan buah-buahan, berkat aromanya yang manis dan rasa buahnya. Keju ini juga mempunyai rasa keasaman.

Brie

Brie adalah keju Prancis yang paling terkenal. Ini dikenal sebagai ratu keju dan disajikan sebagai salah satu makanan penghormatan kepada raja-raja Prancis. Teksturnya lembut dan berasal dari wilayah Prancis Brie, di mana asal-usulnya terletak. Keju ini terbuat dari susu sapi yang tidak dipasteurisasi dan berwarna pucat, dengan warna abu-abu di bawah kulit. Itu bisa terasa berbeda tergantung pada bahan-bahan yang ditambahkan selama proses produksinya. Ini adalah keju pencuci mulut dan rasanya terbaik jika disajikan pada suhu kamar.

Keju Parmesan

Parmesan adalah salah satu keju yang paling banyak dimakan di dunia. Keju ini memiliki tekstur yang keras dan rapuh dengan sedikit rasa pedas. Penciptaannya terinspirasi oleh keju Parmigiano-Reggiano dari Parma, Italia. Keju ini terbuat dari susu sapi yang tidak dipasteurisasi dan berwarna kuning pucat. Sementara itu bisa langsung dimakan dan banyak digunakan dalam bentuk parutan sup, risotto, pizza, pasta dan makanan ringan lainnya.

Mascarpone

Mascarpone adalah keju Italia yang terbuat dari susu sapi pasteurisasi. Digunakan dalam makanan manis dan juga hidangan gurih. Keju ini dibuat dengan krim susu yang mengental dan asam sitrat. Prosedur pembuatannya menjadikan keju krim yang kaya akan mentega, yang sebagai dasar hidangan Italia seperti tiramisu dan beberapa kue keju. Mascarpone juga digunakan untuk meningkatkan rasa sajian tanpa mengganggu rasa asli. Keju ini juga digunakan untuk mengentalkan puding atau makanan penutup yang lembut, dan dapat disajikan bersama buah-buahan.

Itulah jenis-jenis keju, beberapa diantaranya anda bisa membeli di tokowahab.com.

Categories: Kuliner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Kuliner

Resep Lemon Tea, Minuman yang Kaya Akan Manfaat

Saat menikmati sajian di rumah makan atau kafe, tidak jarang dari kita yang akan memesan minuman lemon tea. Lemon tea memiliki rasa yang unik karena minuman ini memang dibuat dari kombinasi teh dan lemon. Menariknya Read more…

Kuliner

Resep Rawon Daging Sapi Khas Jawa Timur

Indonesia mempunyai beragam masakan khas dengan bahan tradisional. Menu masakan setiap hari saat ini sangat beragam dimana mampu memberikan kepuasan terhadap pembuatnya. Satu menu berupa rawon khas Jawa Timur mampu memberikan rasa menarik bahkan menjadi Read more…

Kuliner

Beberapa Resep Khusus Kue Tanpa Oven Ini Patut Anda Coba

Bagaimana bisa membuat sebuah makanan kuliner lezat Resep khusus kue tanpa oven  ternyata ada caranya yang sangat mudah. Kami akan sajikan tips untuk Anda yang senang membuat kue tanpa harus menggunakan oven. Anda bisa mengikuti Read more…