Tanaman berduri yang daunnya empuk tebal dan berduri adalah tanaman yang sangat familiar di sekitar kita. Lidah buaya namanya. Dinamakan lidah buaya karen bentuk daunnya yang seperti lidahnya buaya, dan ditambah dengan sisi daun yang berduri. Di balik penampilannya yang tidak menarik tersebut, ada banyak kasiat lidah buaya yang bisa kita dapatkan.

Lidah buaya adalah tanaman yang sangat mudah untuk didapatkan. Bahkan tidak perlu menanamnya, karena bisa tumbuh dengan sendirinya, karena termasuk tanaman liar. Lidah buaya pun mudah menjadi banyak, sehingga tidak perlu perawatan khusus.

Kasiat Lidah Buaya

Dulu lidah buaya hanya dipakai untuk merawat rambut. Dipercaya jika lidah buaya akan memberikan kasiat untuk rambut menjadi hitam, tebal, sehat, dan terawat. Cara mengambil khasiatnya ini adalah dengan memakainya secara langsung. Yakni dengan mengoleskan getah lidah buaya langsung ke rambut. Kini, seiring alat industri yang canggih, lidah buaya sudah dikemas dalam bentuk shampo, sehingga lebih mudah untuk digunakan.

Bau getah lidah buaya yang tidak enak memang sangat mengganggu hidung. Namun banyak kasiat di dalamnya yang akan memberikan banyak keuntungan bagi kita.

Beberapa kasiat lidah buaya

Berikut adalah beberapa kasiat dari lidah buaya yang perlu kita ketahui:

  • Menyembuhkan luka. Lidah buaya juga sebagai antiseptik alami yang handal. Dimana lidah buaya ini bisa menyembuhkan luka pada tubuh, utamanya luka yang disebabkan oleh kelamaan berbaring bagi orang sakit.
  • Menyembuhkan radang gigi. Lidah buaya bisa menyembuhkan masalah gigi. Sakit gigi karena masalah radang gigi pun sangatlah mengganggu.
  • Mengatasi ruam popok pada bayi. Biasanya akan sangat mengganggu kenyamanan bayi. Oleskan saja pada bokong bayi. Rasa dinginnya tidak akan membuat bayi berontak.
  • Mengatasi konstipasi. Bisa diolah menjadi minuman atau makanan berupa puding. Sehingga lebih mudah mengonsumsinya.
  • Menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan khasiat ini adalah dengan mengolah lidah buaya menjadi jus.
  • Sebagai bahan alami untuk diet. Dimana lidah buaya akan memperlancar pencernaan, sehingga akan ikut menjaga keseimbangan berat badan.
  • Sebagai detoksifikasi atau penawar racun. Cara mendapatkannya pun juga dengan mengonsumsi jus lidah buaya. Yang biasanya makan junk food, lidah buaya akan mengeluarkan khasiatnya untuk mencegah berkembangnya racun instan dalam tubuh.
  • Menjaga kesehatan kardiovaskular atau jantung. Dimana pengonsumsian lidah buaya dalam berbagai olahan akan mengubah gaya hidup kita. Sehingga bisa merawat jantung.
  • Membantu penyembuhan diabetes. Hal ini penting, karena tidak adanya unsur glukosa dalam lidah buaya.

Kasiat-kasiat lidah buaya yang banyak tersebut menjadikan lidah buaya banyak digemari. Pengolahan yang benar akan memberikan keuntungan ganda. Apalagi kandungan 3 senyawa terbaiknya yang berkombinasi menghasilkan kasiat baik untuk tubuh. Ketiga senyawa itu adalah lektin, anthraquinnones, dan mannans.

Categories: FashionKesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Keluarga

Bayi 4 Bulan Secara Umum Sudah Memiliki 3 Kemampuan

Melihat tumbuh kembang bayi yang menggemaskan seakan ingin terus seperti itu, mungkin disebabkan karena tingkah lucunya atau juga karena kelembutan dan kehangatan kulitnya. Namun tidak bisa dipungkiri, bayi anda semakin hari semakin memperlihatkan perkembangannya sesuai Read more…

Bisnis

5 Keuntungan Jual Susu Formula dengan Sistem Franchise

Pernahkah Anda mendengar istilah sistem franchise dalam bisnis? Sistem franchise adalah atau waralaba merupakan sistem pendistribusian produk kepada konsumen akhir dengan franchisor yang memberikan wewenang kepada franchisee yang membeli merek atau sistemnya. jual susu formula Read more…

Kesehatan

5 Makanan dan Minuman Yang Harus di Konsumsi dan Harus di Hindari Agar Cepat Hamil

Setiap pasangan yang sudah menikah tentunya menginginkan kehadiran buah hati sebagai pelengkap kehidupannya, kehadiran buah hati selain akan melengkapi kehidupan rumah tangga juga akan mempererat ikatan pernikahan. Namun tidak semua orang dapat memiliki buah hati Read more…