Cara mengatasi bibir kering adalah salah satu kata kunci yang banyak dicari oleh kaum hawa. Bibir kering ini dinilai sebagai masalah krusial dan bisa menurunkan rasa percaya diri. Apalagi jika dalam keseharian kamu harus melakukan aktivitas yang mengharuskan bertemu banyak orang, tentulah jadi kurang pede saat berinteraksi dan berkomunikasi karenanya.

Cara Mengatasi Bibir Kering

Penyebab bibir kering itu sendiri sebenarnya banyak sekali faktornya. Namun kabar bahagianya, permasalahan bibir kering ini terbilang mudah diatasi. Meski mudah diatasi, tetap saja bibir kering menjadi momok bagi wanita.

Berikut adalah penyebab bibir kering yang perlu kamu ketahui.

Kebiasaan mengigit bibir

Kadang saat asyik ngobrol dengan teman atau rekan secara tidak sadar kamu sering menggigit bibir. Bukan hanya itu saja, ketika kamu merasa cemas atau gugup biasanya juga akan menggigit bibir. Padahal hal sederhana ini dapat menjadi penyebab bibir kering.

Tanpa disadari kebiasaan kecil ini justru dapat membuat kesehatan bibir berkurang. Gigi akan mengiritasi bibir sehingga membuat lapisan bibir retak karena terkoyak. Parahnya ada pula yang sampai berdarah. Oleh karena itu belajarlah untuk menghilangkan kebiasaan menggigit bibir.

Dehidrasi

Dehidrasi adalah suatu keadaan untuk menggambarkan tubuh yang tengah kekurangan cairan. Pada kondisi ini mineral alami dalam tubuh pun terganggu keseimbangannya sehingga memungkinkan rusaknya sistem organ dalam tubuh serta berpengaruh pada kesehatan kulit.

Dehidrasi secara umum dapat ditandai dengan gejala sembelit, pusing, berkurangnya produksi urin, sakit kepala hingga mulut dan bibir kering. Apabila dehidrasi tidak segera diatasi juga dapat menyebabkan demam, tekanan darah rendah, jantung berdebar dan lainnya.

Oleh karena itu supaya sistem organ dalam tubuh selalu seimbang dan kesehatan kulit terjaga (termasuk kulit bibir) upayakan untuk minum air putih yang banyak. Minum 8 hingga 12 gelas air putih setiap harinya agar kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi.

Terpapar Sinar Matahari

Ketika berada di bawah terik matahari terlalu lama biasanya akan membuat kamu mengeluarkan banyak keringat. Ini artinya cairan dalam tubuh juga semakin berkurang sehingga menimbulkan rasa haus dan tidak jarang membuat bibir menjadi kering. Selain bisa diatasi dengan meminum air, cara mengatasi bibir kering yang paling mudah adalah dengan menggunakan produk kosmetik yang diformula khusus untuk melembabkan bibir.

Menjilati Bibir

Penyebab bibir kering selanjutnya adalah menjilati bibir. Mungkin kamu berpikir bahwa menjilati bibir bisa membuat bibir menjadi lembab, padahal justru sebaliknya. Jika dilakukan terus-menerus, bibir pun akan semakin kering. Air liur yang mengenai bibir dapat membuat kelembaban bibir berkurang karena lapisan kulit bibir yang sangat tipis.

Sebagai informasi tambahan, air liur mengandung enzim yang bertugas membantu mencerna makanan. Jadi peran air liur ini bukanlah untuk melembabkan bibir.

Demikianlah 4 penyebab umum mengapa bibir kamu bisa kering. Cara mengatasi bibir kering ini bisa dibilang susah-susah gampang. Beruntungnya sekarang sudah ada produk kosmetik yang bisa membantu melembabkan bibir, tapi hasilnya tidak akan maksimal apabila kamu tidak menghilangkan kebiasaan-kebiasaan seperti di atas.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

Categories: Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Kesehatan

5 Makanan dan Minuman Yang Harus di Konsumsi dan Harus di Hindari Agar Cepat Hamil

Setiap pasangan yang sudah menikah tentunya menginginkan kehadiran buah hati sebagai pelengkap kehidupannya, kehadiran buah hati selain akan melengkapi kehidupan rumah tangga juga akan mempererat ikatan pernikahan. Namun tidak semua orang dapat memiliki buah hati Read more…

Fashion

Mengenal Kasiat Lidah Buaya Yang Dahsyat

Tanaman berduri yang daunnya empuk tebal dan berduri adalah tanaman yang sangat familiar di sekitar kita. Lidah buaya namanya. Dinamakan lidah buaya karen bentuk daunnya yang seperti lidahnya buaya, dan ditambah dengan sisi daun yang Read more…

Kesehatan

Wah Ternyata Bermain Video Game Bagus Untuk Kesehatan!

Bermain video game biasanya merupakan hobi anak berusia 10 hingga 12 tahun. Namun, dengan survei terbaru yang dilakukan, ditemukan bahwa video game dimainkan dan dinikmati oleh lebih dari 67 persen orang dewasa dan berkebalikan dari Read more…